KEBIJAKAN PEMERINTAH KOTA METRO DALAM PENGALIHFUNGSIAN JALAN UMUM MENJADI LAHAN PARKIR

Clara Yolanda

Sari


Tujuan dari pelaksanaan kebijakan pengalihfungsian jalan umum menjadi lahan parkir yaitu dengan penyediaan lahan parkir yang memadai bagi masyarakat yang singgah di Taman ataupun Masjid Taqwa Kota Metro. Aturan tentang pengelolaan jalan dan  parkir sudah diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan dan juga mengenai kebijakan yang ada di Kota Metro juga sudah diatur dalam Peraturan  Daerah Kota Metro No. 1 Tahun 2012 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kota Metro 2011-2013.

Permasalahan dalam penelitian ini adalah: a. Bagaimanakah pelaksanaan kebijakan Pemerintah Kota Metro dalam pengalifungsian jalan umum menjadi lahan parkir? b. Faktor-faktor apakah yang menjadi penghambat dan pendukung kebijakan Pemerintah Kota Metro dalam pengalihfungsian jalan umum menjadi lahan parkir? Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan normatif dan pendekatan empiris. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder dan dianalisis secara kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kebijakan pengalihfungsian jalan umum menjadi lahan parkir dilakukan secara rapat musyawarah antara dinas-dinas terkait dengan melalui tahapan-tahapan pembuatan lahan parkir yang sudah tercantum di dalam peraturan perundang-undangan. Faktor-faktor yang menunjang pelaksanaan pengalihfungsian jalan umum menjadi lahan parkir yaitu faktor penghambat dan faktor pendorong. Faktor penghambat pelaksanaan kebijakan pemerintah Kota Metro dalam pengalihfungsian jalan umum menjadi lahan parkir yaitu lahan atau lokasi parkir yang kurang, sering terjadi kemacetan disekitar jalan tersebut dan tidak adanya kepastian hukum yang jelas terakit aturan yang mengatur atau dasar dari pengalihfungsian jalan umum menjadi lahan parkir di Kota Metro. Faktor pendorong pelaksanaan kebijakan pemerintah Kota Metro dalam pengalihfungsian jalan umum menjadi lahan parkir yaitu menambah pendapatan asli daerah dari retribusi parkir serta memperluas tempat parkir bagi kendaraan roda empat sehingga tersedianya lahan parkir yang memadai.

Kata Kunci: Kebijakan, Pengalihfungsian, Lalu Lintas, Jalan, dan Parkir


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.