IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMERINTAH DALAM PENGELOLAAN DAUR ULANG SAMPAH DI KOTA METRO

Cinda Marsya Diandara

Sari


Sosialisasi daur ulang sampah di Kota Metro mulai aktif dilaksanakan pada tahun 2013 silam dengan menjadikan sekolah-sekolah yang berwawasan lingkungan di Kota Metro. Tahun-tahun berikutnya, Kota Metro mulai menunjukan kemajuannya dalam daur ulang sampah dengan disahkannya Peraturan Daerah Kota Metro No. 8 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah.

Permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan: 1) Bagaimanakah implementasi kebijakan pemerintah dalam pengelolaan sampah melalui daur ulang di Kota Metro? 2) Faktor-faktor apasajakah yang menjadi penghambat dalam mengimplementasikan kebijakan pemerintah daerah dalam pengelolaan sampah melalui daur ulang di Kota Metro?

Pendekatan masalah yang digunakan adalah pendekatan hukum normatif dan empiris. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder yang dikumpulkan dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif. Pengumpulan data menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan. Prosedur pengolahan data dengan cara seleksi, klasifikasi dan penyusunan data.

Hasil penelitian ini menunjukan: 1) Implementasi kebijakan daur ulang sampah di Kota Metro adalah program Bank Sampah serta fasilitasi dan sosialisasi tentang pengelolaan sampah. 2) Faktor-faktor yang menjadi penghambat adalah masih kurangnya kesadaran dan minat masyarakat untuk memilah dan memisahkan sampah rumah tangga mereka, kurangnya sosialisasi dan edukasi tentang pengelolaan sampah kreatifitas, kurangnya pembinaan, dan minimnya dana untuk penganggaran sarana dan prasarana penunjang daur ulang sampah.

Saran dari penelitian ini adalah: 1) Perlunya sosialisasi dan kegiatan inovatif dari pemerintah untuk meningkatkan keinginan masyarakat dalam kontribusi pengelolaan sampah 2) Perlunya pelatihan, pembinaan dan  dampingan pemerintah terkait penggunaan alat-alat daur ulang sampah agar fasilitasi yang diberikan oleh pemerintah dapat digunakan secara optimal.

Kata Kunci: Kebijakan, Pengelolaan Sampah, Daur Ulang Sampah


DAFTAR PUSTAKA

Soejono dan H.Abdurahman. 2003. Metode Penelitian Hukum, Jakarta: Rineka Cipta.

Wintoko, Bambang. Panduan Praktis Mendirikan Bank Sampah. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Draff Strategi Sanitasi Kota (SSK) Kota Metro hlm 4

Penjelasan Pasal 3 Perda Kota Metro Nomor 8 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Sampah

Undang-Undang Nomor 18 Tahun 2008 Tentang Pengelolaan Sampah

Undang-Undang No 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintah Daerah

Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 33 Tahun 2010 Tentang Pedoman Pengelolaan Sampah.

Peraturan Menteri Negara Lingkungan Hidup Republik Indonesia No.13 Tahun 2012 tentang Pedoman Pelaksanan Reduce, Reuse, Recycle melalui Bank Sampah

Peraturan Menteri Pekerjaan Umum Republik Indonesia Nomor 03/PRT/M/2013 Tentang Penyelenggaraan Prasarana dan Sarana Persampahan dalam Penanganan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah Rumah Tangga.

Peraturan Daerah Kota Metro Nomor 8 Tahun 2015 Tentang Pengelolaan Sampah

http://www.menlh.go.id/rangkaian-hlh-2015-dialog-penanganan-sampah-plastik/

http://lampost.co/berita/metro-kota-hijau-terbaik-sumatera-

 


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.