IMPLIKASI HUKUM TERHADAP KEBIJAKAN PEMERINTAH DAERAH TENTANG PENETAPAN PEMUNGUTAN RERTRIBUSI PELAYANAN PERSAMPAHAN DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Devi Santoso

Sari


Berdasarkan Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 5 Tahun 2011 tentang Retribusi Jasa Umum, Retribusi Pelayanan Persampahan adalah pembayaran atas penyediaan jasa pelayanan persampahan/kebersihan yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah. Retribusi Pelayanan Persampahan yang dalam pelaksanaannya diatur dalam Peraturan Walikota Bandar Lampung Nomor 112 Tahun 2011 tentang Tata Cara Pelaksanaan Pemungutan Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan pada Dinas Kebersihan dan Pertamanan terjadi beberapa perubahan.

Berdasarkan hal ini, peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian dalam bentuk skripsi dengan permasalahan: a) Apakah dasar kebijakan Pemerintah Daerah dalam penetapan pemungutan Retribusi Pelayanan Persampahan di Kota Bandar Lampung? b) Bagaimanakah implikasi hukum kebijakan pemerintah daerah tentang penetapan pemungutan Retribusi Pelayanan Persampahan di Kota Bandar Lampung?

Jenis penelitian ini adalah yuridis normatif dan yuridis empiris, data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder yang digunakan melalui studi kepustakaan dan studi lapangan. Data yang diolah melalui proses identifikasi, editing, klasifikasi data, penyusunan data dan penarikan kesimpulan kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa terjadi beberapa perubahan dalam pemungutan Retribusi Pelayanan Persampahan di Kota Bandar Lampung antara lain pengenaan tarif yang lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum dan terjadi perubahan sistem pemungutan retribusinya.

Sesuai dengan kesimpulan di atas, peneliti menyarankan: a. Sebaiknya Pemerintah Kota Bandar Lampung lebih meningkatkan kembali fasilitas pelayanan persampahan agar pelayanan pada masyarakat maupun badan usaha yang menggunakan jasa pelayanan persampahan merasa puas. b. Sebaiknya Pemerintah Kota Bandar Lampung terus mengadakan sosialisasi pemungutan Retribusi Pelayanan Persampahan dengan menggunakan pendekatan persuasif kepada masyarakat dan badan usaha di Kota Bandar Lampung.


Teks Lengkap:

Devi Santoso

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.