IMPLEMENTASI DISIPLIN APARATUR SIPIL NEGARA DALAM LINGKUP SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (Studi di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lampung Utara)

Gita Herni Saputri

Sari


Sistem pemerintahan dan penyelenggaraan pembangunan nasional yang baik dan teratur sangat tergantung pada kesempurnaan aparatur negara. Salah satu unsur yang berpengaruh adalah adanya ASN yang berkualitas, displin, bertanggung jawab akan tugas dan kewajibannya. Untuk mewujudkan ASN yang dimaksud, diperlukan pembinaan sebaik-baiknya kepada ASN. Sampai saat ini masih banyak pelanggaran mengenai disiplin Pegawai Negeri Sipil. Padahal sudah dikeluarkan Peraturan yang mengatur tentang Displin yaitu Peraturan Pemerintah No. 53 Tahun 2010 agar ASN bertindak sesuai dengan peraturan yang ada.

Permasalahan penelitian: (1) bagaimanakah Implementasi Disiplin Aparatur Sipil Negara dalam Lingkup SKPD di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lampung Utara? (2) faktor-faktor apakah yang menjadi penghambat dalam Implementasi Disiplin Aparatur Sipil Negara dalam lingkup SKPD di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lampung Utara?

Pendekatan masalah yang digunakan adalah normatif dan empiris. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kepustakaan (Library research), dan studi lapangani ( Field research).

Berdasarkan hasil penelitian yang didapat bahwa Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lampung Utara telah melaksanakan Peraturan Pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 Tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil sejak Peraturan tersebut diberlakukan. Namun kenyataanya peraturan tersebut tidak sesuai dengan pelaksanaannya karena masih banyak pegawai ASN di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lampung Utara masih melakukan pelanggaran Disiplin, dengan kata lain peraturan tersebut belum dilaksanakan secara optimal. Faktor penghambat yang ada dalam Implementasi Disiplin Pegawai Negeri Sipil Dalam Lingkup SKPD di Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Lampung Utara masih kurang disiplin melaksanakan tugasnya sebagai ASN.

 

DAFTAR PUSTAKA 

Gary, Dessler. 1997. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT. Prenhallindo

Sofyan, Effendi. 1997. Manajemen Pelayanan Umum. Surabaya: Usaha Nasional

Suparno, M.1992. Rekayasa Pembangunan Watak Dan Moral Bangsa.Jakarta: PT. Purel Mundial

Ninggolan. 1997. Pembinaan Pegawai Negeri Sipil.Jakarta: PT. Pertja

 

Peraturan Perundang- undangan

Undang-Undang Dasar Tahun 1945.

Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara.

Undang-undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian

Peraturan pemerintah Nomor 53 Tahun 2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil

 


Sumber lain

http://jatimprov.go.id/read/profil/satuan-kerja-perangkat-daerah (diakses tanggal 10 Desember 2017, Pukul 20:00 wib)

Lampungsai.com diakses pada tanggal 28 Maret 2017 pada pukul 20.05 WIB.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.