ANALISIS PENDEKATAN INTEGRAL DALAM UPAYA PENANGGULANGAN KEJAHATAN ILLEGAL LOGGING (Studi di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) Lampung Barat)

Abdilla Salim Al Rasyid, Heni Siswanto, Muhammad Farid
Sari Views : 10 | PDF Downloads : 2

Sari


Illegal logging sebagai satu bentuk kejahatan lingkungan telah menjadi salah satu kendala utama dalam mewujudkan sebuah sistem kelola hutan Indonesia bagi terwujudnya kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pendekatan integral dalam upaya penanggulangan kejahatan illegal logging di Kabupaten Lampung Barat dari aspek penal dan non penal serta apakah faktor penghambat pendekatan integral dalam upaya penanggulangan kejahatan illegal logging di Kabupaten Lampung Barat?.

Pendekatan masalah dilakukan secara yuridis empiris yaitu dengan melakukan penelitian langsung di lokasi penelitian dengan melihat, bertanya dan mendengar dari pihak-pihak yang terkait. Sumber data yang di dapat dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Prosedur pengumpulan data dilakukan dengan cara studi kepustakaan dan penelitian lapangan. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan integral dalam upaya penanggulangan kejahatan illegal logging di Kabupaten Lampung Barat dari aspek penal berupa upaya represif (penegakan hukum) merupakan langkah terakhir yang diambil oleh balai besar TNBBS dalam menangani permasalahan illegal logging yang terjadi di kawasan TNBBS. Pendekatan integral dalam upaya penanggulangan kejahatan illegal logging di Kabupaten Lampung Barat dari aspek non penal yang dilakukan oleh Balai Besar TNBBS lebih difokuskan ke arah upaya pencegahan (preemtif dan preventif) sehingga kegiatan illegal logging tidak terjadi. Kegiatan patroli bersama masyarakat (MMP), sosialisasi/penyuluhan dan kegiatan penyadartahuan kepada masyarakat lainnya serta melakukan pemasangan papan-papan larangan di batas kawasan TNBBS.

Kata Kunci: Pendekatan Integral, Penanggulangan Kejahatan, Illegal Logging


DAFTAR PUSTAKA

Abdul Syani, 1989, Sosiologi Kriminalitas, Remadja Karya, Bandung.

Arief A., 2001, Hutan dan Kehutanan, Yogyakarta: Penerbit Kanisius.

Arief Barda Nawawi, 2007, Masalah penegakan hukum dan kebijakan penanggulangan kejahatan, Jakarta : Cet. Ke 2.

Barda Nawawi Arief, Bungai Rampai Kebijakan Hukum Pidana, Kencana, Jakarta, 2011.

Iskandar, U., & Siran S. A., Pola Pengelolaan Hutan Tropika, Alternatif Pengelolaan Hutan yang Selaras            dengan Desentralisasi dan Otonomi Daerah, PT. Bayu Indra Grafika, Yogyakarta, 2014.

Rahmi Hidayati D, dkk, Pemberatasan Illegal Logging dan Penyeludupan Kayu, Wana Aksara, Banten, 2012.

Sudaryono & Natangsa Surbakti, Buku Pegangan Kuliah Hukum Pidana, Fakultas Hukum UMS, 2010.



Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.