ANALISIS KRIMINOLOGIS KEJAHATAN PEMERKOSAAN TERHADAP ANAK DI WILAYAH HUKUM PENGADILAN NEGERI KALIANDA

ARIEF SATRIA WIBOWO

Sari


Sesuai dengan perkembangan zaman kerap sekali terjadi kejahatan pemerkosaan yang dilakukan oleh orang dewasa terhadap anak kandung dan tetangga, itu terjadi karena ada faktor penyebabnya antara lain karena tidak adanya pengawasan yang dilakukan oleh orang tua, terpengaruh oleh pergaulan lingkungan sekitar, perkembangan pembangunan yang cepat, arus globalisasi di bidang komunikasi dan informasi, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.Permasalahan adalah apa saja faktor-faktor penyebab terjadinya pemerkosaan terhadap anak secara berlanjut dan bagaimanakah upaya penanggulangan.Pendekatan masalah dalam penelitian ini adalah pendekatan yuridis normatif dan yuridis empiris. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dengan cara wawancara data sekunder yang di peroleh melalui studi kepustakaan. Sedangkan pengolahan data yang diperoleh dengan cara identifikasi, editing, klasifikasi dan penyusunan data serta penarikan kesimpulan. Data hasil pengolahan tersebut dianalisis secara deskriptif kualitatif. Hasil Penelitian dan Pembahasan yaitu, faktor penyebab seseorang melakukan kejahatan pemerkosaan terhadap anak yaitu karena faktor lingkungan pergaulan, keluarga serta perkembangan zaman (kemajuan teknologi). Upaya penanggulangan kejahatan pemerkosaan yang dilakukan seseorang adalah tindakan preventif dengan cara non penal artinya mengupayakan mengenal diri dan menanamkan kepercayaan pada diri dengan cara mengidentifikasi minat, bakat, potensi, dan menyalurkan pada aktifitas positif dalam mengisi waktu luang dan tindakan represif dengan cara penal artinya yang dilakukan oleh aparatur penegak hukum sesudah terjadi kejahatan atau tindak pidana sebagaimana dalam contoh dua kasus yang sudah sampai putusan dengan hukuman maksimal 13 tahun dan 15 tahun antara lain dengan cara penyuluhan ke masyarakat agar menjaga dan memperhatikan pergaulan seseorang supaya prilaku dalam lingkungan masyarakat tidak menyimpang. Saran, untuk mengurangi kejahatan pemerkosaan terhadap anak yaitu dari pihak keluarga, upaya pemerintah dan juga upaya lingkungan masyarakat memang harus lebih di efektifkan lagi. Karena yang melakukan kejahatan terhadap anak ini sangat kejam dan harus mendapatkan hukuman yang sesuai.

Kata kunci : Kriminologis, Pemerkosaan, Anak.


DAFTAR PUSTAKA

Mustofa, Muhammad. 2013 Metodologi Penelitian Kriminologi, Jakarta. Kencana.

Prodjodikuro, Wirjono. 1974. Tindak-Tindak Pidana Trtentu Di Indonesia. jakarta-Bandung.

Sigit Angger dan Fuandy, Sistem Peradilan Pidana Anak, Jakarta: Pustaka Yustisia, 2015.

Suma,Muhammad Amin. 2001.  Pidana Islam Indonesia, Pustaka Firdaus, Jakarta , 2001. Hlm. 179.

PutusanNomor :362/Pid.Sus/2015/PN-Kla

PutusanNomor :381/Pid.Sus/2015/PN-Kla

Dirk Pasalbessy, John. “Fenomena Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak”, 24 oktober 2016.http://fhukum.unpatti.ac.id/penegakan-hukum/288-fenomena-kekerasan terhadap-peempuan-dan-anak.

http://fhukum.unpatti.ac.id/penegakan-hukum/288-fenomena-kekerasan-terhadap-perempuan-dan-anak

Indo, Hukum. “Criminal Justice system”21 oktober 2016,http://hukum indo. blogspot. co. id/2011/11/ criminal-justice-system-materi-kuliah.html?m=1.

 

No. Hp : 082269019595



Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.