UPAYA BADAN NARKOTIKA NASIONAL KABUPATEN DALAM PENANGGULANGAN PEREDARAN NARKOTIKA DI DALAM LEMBAGA PERMASYRAKATAN (Studi pada Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Kalianda)

EKA AGUSTIANA

Sari


Penelitian dan penulisan skripsi ini bertujuan Untuk (1)menganalisis dan mengkaji upaya pihak Badan Narkotika Nasional Kabupaten Lampung Selatan dalam penanggulangan peredaran narkotika di dalam Lembaga Permasyarakatan (2) Untuk mengetahui faktor penghambat Badan Narkotika Nasional Kabupaten Lampung Selatan dalam penanggulangan peredaran Narkotika di dalam Lembaga Pemasyarakatan.

 

Pendekatan masalah yang digunakan adalah pendekatan secara yuridis normatif dan yuridis. Sumber dan jenis data dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari studi lapangan dengan melakukan wawancara dengan pihak Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK), Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Kalianda,dan dari anggota Kepolisian Resort Kota Kalianda sedangkan data sekunder diperoleh dari studi kepustakaan.

 

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan: (1) upaya Badan Narkotika Nasional Kabupaten dalam penanggulangan peredaran narkotika didalam Lembaga Permasyarakatan dilaksanakan dengan: a) Upaya non penal dilaksanakan dengan cara penyuluhan narkoba kepada narapidana, melakukan pemeriksaan terhadap pengunjung Lapas, melakukan tes narkoba kepada terhadap narapidana, melakukan pembinaan terhadap sipir agar mereka tidak ikut terlibat dalam peredaran narkotika didalam Lembaga Permasyarakatan. b) upaya penal, dilaksanakan dengan melakukan razia terhadap narapidana, yaitu penggeledahan terhadap narapidana untuk menemukan ada atau tidaknya narapidana yang terlibat dalam kasus peredaran narkotika di dalam Lembaga Permasyarakatan, melakukan penyidikan terhadap narapidana yang di duga mengedarkan narkotika di dalam

Kata kunci: Penanggulangan, Badan Narkotika Nasional, Lembaga Permasyarakatan


Daftar Pustaka

Arief ,Barda Nawawi.2001. Masalah Penegakan Hukum Dan Kebijakan Penanggulangan Kejahatan. PT. Citra Aditya Bakti. Bandung. hlm. 23

BNN.R.I.2004. Komunikasi Penyuluhan Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba. BNN: Jakarta

Lastarya, Dharana. 2006. Narkoba, perlukah mengenalnya. Pakarkarya. Jakarta. Hlm.15.

Makarao, Taufik. 2005. Tindak Pidana Narkotika, Jakarta. hlm. 17

Soekanto,Soerjono. 1983. Pengantar Penelitian Hukum. Rineka Cipta. Jakarta. hlm.32

http://www.harianpilar.com/2015/10/05lapas-kalianda-rawan-peredaran-narkotika-narkoba/.

Wawancara dengan .Sanusi. Dosen Pidana Unila.

Wawancara dengan Aryadi kepala Badan Narkotika Nasional Kabupaten, 27 Desember 2016

Wawancara dengan Ari Setiawan Kepala Satuan Res Narkoba Lampung Selatan, 27 Desember 2016



Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.